Pendidikan Kimia UM Pontianak Masih Pertahankan Juara 1 Microteaching Tingkat Nasional

Dalam Pendidikan Kimia
15 September 2016   SRI GIATI   1007 Kali

Sabtu, 20 Agustus 2016, Pendidikan kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak  mengirim 2 perwakilan mahasiswa  yaitu Saidah Jambak dan Rusninawiyah untuk  mengikuti lomba Microteaching…

Sabtu, 20 Agustus 2016, Pendidikan kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak  mengirim 2 perwakilan mahasiswa  yaitu Saidah Jambak dan Rusninawiyah untuk  mengikuti lomba Microteaching Mahasiswa Pendidikan Kimia di Universitas Islam Indonesia dalam kegiatan Chemistry Education Fair 2.0 di Yogyakarta.  2 mahasiswa ini dibimbing oleh dosen pendidikan kimia UM Pontianak yaitu Raudahatul Fadhillah S.Pd, S.Si dan Tuti Kurniati S.Pd, S.Si  Perlombaan ini adalah simulasi mengajar materi kimia  yang dilaksanakan dalam waktu 10 menit terdiri dari bagian pembuka, inti dan penutupannya. Kegiatan ini terdiri dari 4 kategori lomba yaitu Lomba Microteaching Guru Kimia Se-Indonesia, Lomba Microteaching Mahasiswa Pendidikan Kimia Se-Indonesia, Lomba LKTI Tingkat SMA MA Se-Indonesia dan pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kimia

Mahasiswa pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak yaitu Saidah Jambak mendapat Juara 1 dalam kategori Lomba Microteaching Mahasiswa Pendidikan Kimia Se-Indonesia, disusul oleh Universitas Islam Indonesia sebagai juara 2 dan universitas Negeri Yogyakarta sebagai juara 3. Perlombaan ini diikuti oleh 31 perwakilan mahasiswa pendidikan kimia se- Indonesia dari berbagai universitas seperti Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, UNNES, Universitas Walisongo, Universitas Muhammadiyah Cirebon dan universitas lainnya.

Lomba Micoteaching Mahasiswa ini membutuhkan strategi dan managemen waktu dalam penyampaian materi yang hanya 10 menit saja (ujar Saidah Jambak ), banyak penampilan serta media peserta yang bagus tetapi karena kurang  pandai mengatur waktu akhirnya tidak dapat nilai maksimal dari juri. Lomba Microteaching Mahasiswa ini adalah lomba yang kedua kali dilaksanakan dan Alhamdulillah Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak selalu mendapat juara 1. Tentunya juara bertahan ini disambut hangat serta bangga oleh pak Helman Fachri S.E selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, beliau juga  menyampaiakn bahwa kegiatan seperti ini perlu didukung serta di apresiasi. Tidak haya itu beliau juga menyampaikan bahwa perlunya benih-benih baru yang akan melanjutkan prestasi microteaching tingkat Nasional  selanjutnya.

Sementara itu Ketua Prodi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak yaitu Dini Hadiarti bangga dan berharap perlombaan ini akan selalu diikuti setiap tahunnya dan mudah-mudahan selalu mendapatkan hasil yang terbaik dan dapat mempertahankan gelar juaranya. Hingga saat ini Pendidikan Kimia juga terus berbenah meningkatkan mutu dan kualitas  pendidikan setiap mahasiswanya sehingga dapat  bersaing  lebih optimal kedepannya.

Dokumentasi :

Image titleFoto 1 - Saidah Jambak
Image titleFoto 2 - Saidah dan Pak Helman Fachri
R S S
Tracer Alumni UNMUH Pontianak

Jejaring Sosial

Kontak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  Telepon
(0561) 764571 / 085750863584 / 085250017086 / 0857
  Email
rararaditya61@yahoo.co.id

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK