LOKAKARYA KKNI PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Dalam Pendidikan Biologi
14 October 2016   ADE SUNARTA   505 Kali

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pontianak memiliki visi untuk menjadi program studi yang ungguldi Kalimantan Barat untuk  menghasilkan…

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pontianak memiliki visi untuk menjadi program studi yang ungguldi Kalimantan Barat untuk menghasilkan tenaga pendidikan berkompeten dalam pengembangan kependidikan,  keilmiahan biologi dan teknologi berdadsarkan nilai-nilai keislaman. Untuk dapat mewujudkan visi tersebut, Program Studi Pendidikan Biologi harus memperhatikan berbagai unsur dalam pendidikan di perguruan tinggi, salah satunya adalah kurikulum.

Dalam sistem pendidikan tinggi, kurikulum berperan sebagai : 1) Sumber kebijakan manajemen pendidikan tinggi untuk menentukan arah penyelenggaraan pendidikannya; 2) Filosofi yang akan mewarnai terbentuknya masyarakat dan iklim akademik; 3) Patron atau pola pembelajaran yang mencerminkan bahan kajian, cara penyampaian dan penilaian pembelajaran; 4) Atmosfer atau iklim yang terbentuk dari hasil interaksi manajerial  PT dalam mencapai tujuan pembelajaranhya; 5) Rujukan kualitas dari proses penjaminan mutu; serta 6) Ukuran keberhasilan PT dalam menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pergeseran wacana penamaan kurikulum pendidikan tinggi dari KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) kepenamaan Kurikulum Pendidikan Tinggi (K-DIKTI) memiliki beberapa alasan yang penting, salah satunya adalah diperlukannya sebuah parameter kualifikasi secara internasional dari lulusan pendidikan di Indonesia melalui Peraturan Presiden Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) agar menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas dan bersaing di tingkat global.

KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompentensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan diberbagai sektor.

Dikarenakan perlunya pembahasan lebih mendalam tentang capaian pembelajaran (CP) yang terurai dalam deskripsi sikap dan tata nilai, kemampuan, pengetahuan, tanggungjawab dan hak di dalam setiap level KKNI, maka diperlukan oleh Program Studi Pendidikan Biologi untuk merevisi kurikulum dalam kegiatan Lokakarya Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah  Pontianak.


R S S
Tracer Alumni UNMUH Pontianak

Jejaring Sosial

Kontak

Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111, Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  Telepon
(0561) 764571 / 085750863584 / 085250017086 / 0857
  Email
rararaditya61@yahoo.co.id

© 2016 - ICT UNMUH PONTIANAK